Jumat, 07 Desember 2012

Ini Nama 4 Anggota DPR yang Melanggar Etika

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Kehormatan DPR mengumumkan hasil pemeriksaan dugaan pemerasan BUMN oleh sejumlah anggota DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/12) siang. Menurut Badan Kehormatan DPR, dari sejumlah anggota DPR yang dilaporkan Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan tidak seluruhnya terbukti.

Ketua Badan Kehormatan DPR M Prakosa menjelaskan, ada empat anggota DPR yang melanggar etika, tiga orang tidak terbukti melangar etika dan ada tiga orang yang salah identifikasi dalam laporan Dahlan. Tiga orang yang salah identifikasi adalah Andi Timo Pangerang, M Iklas Elquidsi, dan Muhammad Hatta.

Siapa saja anggota DPR yang diputuskan melanggar etika itu? Prakosa enggan membeberkannya. Menurut sumber Metrotvnews.com yang tak mau disebutkan namanya, yang terbukti melanggar adalah Idris Laena (Golkar), Sumaryoto (PDI Perjuangan), Achsanul Qosasih (Demokrat), dan Zulkieflimansyah (Partai Keadilan Sejahtera).

Kepada keempatnya, menurut Badan Kehormatan DPR, melanggar etika katagori sedang dan ringan. Idris Laena dan Sumaryoto dinilai melanggar etika katagori sedang, sedangkan Achsanul dan Zulkieflimansyah katagori ringan. Untuk sanksi kesalahan sedang bisa dipindahkan dari alat kelengkapan atau yang menjabat sebagai pimpinan alat kelengkapan akan dicopot.

Badan Kehormatan DPR juga meminta pimpinan DPR untuk mengirimkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar meminta Menteri Negara BUMN berhati-hati dalam melaporkan sesuatu.(Andhini)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/12/06/116655/Ini-Nama-4-Anggota-DPR-yang-Melanggar-Etika/1